Risaikel | Startup Daur Ulang yang Lolos ke SXSW

Risaikel Startup Daur Ulang yang Lolos ke SXSW, Tahun ini, Indonesia kembali meramaikan festival South by Southwest (SXSW) untuk ketujuh kalinya. Sejak partisipasi pertamanya di tahun 2017, Indonesia selalu menunjukkan eksistensinya di kancah internasional melalui startup-startup inovatifnya. 


Risaikel SXSW 2024


10 Startup Mewakili Indonesia


Pada tahun 2024 ini, pemilihan startup dilakukan dengan lebih selektif, dengan melibatkan kolaborasi bersama Pemerintah Kota Jakarta, komunitas dan asosiasi terkait. Hal ini dilakukan untuk memastikan keterwakilan startup dari berbagai wilayah di Indonesia.

SXSW bukan hanya sekedar festival biasa. Festival ini merupakan konvergensi film, musik, media interaktif, budaya, dan konferensi, menjadikannya panggung global bagi perusahaan media dan teknologi.

Tahun ini, Indonesia menghadirkan 10 startup inovatif yang memiliki keunggulan dan siap meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Startup-startup tersebut adalah bubbME.AI, Carte Apps, Kita Care, Magalarya, Ordefaz, Petskita, Risaikel, RUN System, Tina Central dan Wifkain.

Mengusung tema “Creation Ignites Action”, startup-startup ini menunjukkan kekuatan transformatif kreativitas untuk mendorong perubahan positif di masyarakat. Baik dalam hal solusi bisnis, membantu pemilik hewan peliharaan, mendorong kehidupan berkelanjutan, atau mengatasi masalah kesehatan mental, Indonesia menawarkan berbagai solusi inovatif untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari.

Para delegasi internasional berkesempatan untuk menjalin hubungan dengan startup Indonesia atau perwakilan pemerintah di paviliun Indonesia dalam Creative Industries Expo.


Risaikel, Bermisi Melestarikan Lingkungan

Salah satu startup yang terpilih untuk mewakili Indonesia di SXSW 2024 adalah Risaikel. Startup ini memiliki misi untuk membantu mengurangi dampak lingkungan dari limbah makanan dan memberdayakan keberlanjutan dengan mengubah sisa makanan menjadi solusi ramah lingkungan.

Risaikel menyediakan produk inovatif dan bernilai yang berkontribusi terhadap masa depan yang lebih hijau. Tujuan utama Risaikel adalah mengambil sisa makanan dan menjadikannya barang yang bisa dimanfaatkan kembali. Hal ini membantu mendaur ulang dan menjaga limbah makanan sehingga tercipta lingkungan yang lebih baik.

Risaikel sendiri sudah menghasilkan pupuk organik, kosmetik, minyak atsiri dan hidrosol dilangsir dari website Risaikel.

Semoga dengan keikutsertaan Indonesia di SXSW 2024 ini, industri kreatif Indonesia semakin maju dan startup-startup seperti Risaikel dapat menjadi inspirasi bagi startup-startup baru di Indonesia.

Maju Industri Kreatif Indonesia! Menuju Indonesia Emas 2045!
Risaikel, Mengubah Sisa Makanan Menjadi Masa Depan yang Lebih Hijau.
LihatTutupKomentar