Profil Startup Risaikel | Daur Ulang Sampah Makanan

Profil Startup Risaikel | Daur Ulang Sampah MakananDi Indonesia, sebagian besar sampah yang kita hasilkan bukanlah plastik, melainkan makanan yang kita buang. Sekitar 40,6% dari seluruh sampah di Indonesia adalah makanan, sementara hanya 18,1% yang berupa plastik. Risaikel mencoba membantu mengatasi masalah ini dengan mencari cara untuk mengatasi sampah makanan, yang sebenarnya merupakan alasan terbesar mengapa kita memiliki begitu banyak sampah di negara kita.

Profil Risaikel Startup Pengelolaan Sampah Makanan
FOTO: Logo Startup Risaikel


Startup Pengelolaan Sampah Makanan

Terbentuknya Risaikel

Awalnya, empat pendiri Risaikel bergabung dalam ekosistem GN1000SD 2023. Kemudian, Risaikel didirikan pada panggung Hack4ID x Bank Indonesia di Sulawesi Utara pada 7-8 Juli 2023. Setelah itu, Risaikel mengikuti National Hacksprint sebagai perwakilan Hub 12 Sulawesi Utara. Terakhir, Risaikel terpilih menjadi salah satu peserta tersisa di Hub 12 Sulut untuk mengikuti National Bootcamp.

Founder Risaikel

Risaikel adalah kelompok yang terdiri dari 4 orang. Fidelis Richard Montolalu memulai grup dan anggota lainnya adalah Shergio Ramanda Yusuf, Priska Sembel Wondal, dan Wesly Pieters.

Filosofi Risaikel

Filsafat Risaikel merupakan cara berpikir tentang daur ulang dan menjaga lingkungan. Nama Risaikel berasal dari kata "daur ulang", namun menggunakan bahasa yang berbeda untuk menghindari kebingungan. Logo Risaikel merupakan desain khusus yang memadukan huruf 'e' dengan simbol daur ulang. Bentuknya seperti anak panah yang berputar, namun tetap terlihat seperti huruf 'e'. Logonya berwarna hijau karena melambangkan alam dan pertanian.

FOTO: Tim Risaikel bersama Mentor


Apa Itu Risaikel

Leyne Sagay, salah satu pembicara startup, mengatakan Risaikel merupakan salah satu startup baru. Risaikel dimulai pada Juli 2023 dalam acara khusus bernama Hack4ID X Bank Indonesia | Pertanian Digital di Sulawesi Utara. Mereka memulai dengan menemukan masalah untuk dipecahkan, dan mereka memutuskan untuk fokus membantu lingkungan dan mengurangi makanan yang terbuang. Leyne Sagay mengatakan bahwa tujuan utama Risaikel adalah mengambil sisa makanan dan mengubahnya menjadi pupuk alami bagi tanaman.

Tujuan utama Risaikel adalah mengambil sisa makanan dan menjadikannya barang yang bisa kita manfaatkan kembali. Hal ini membantu kita mendaur ulang dan menjaga limbah makanan sehingga kita dapat memiliki lingkungan yang lebih baik.


Ketika penulis berada di ruangan khusus di kantor gubernur, saya melihat presentasi tentang bisnis baru bernama Risaikel. Usaha ini mengambil ampas kopi sisa dari kedai kopi di Kota Manado dan mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat. Tim Risaikel ingin memulai dengan ampas kopi karena mudah diolah dan tersedia dalam jumlah banyak.


Kesimpulan

Risaikel adalah startup baru yang didirikan oleh empat orang yang ingin menyelesaikan masalah besar sampah makanan di Indonesia. Tahukah Anda bahwa sampah makanan menyumbang 40,6% dari seluruh sampah di negara ini? Itu lebih banyak dari sampah plastik yang hanya 18,1%! Risaikel ingin membantu dengan mengubah sisa makanan menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti mendaur ulangnya. Mereka memulai dengan ampas kopi di Sulawesi Utara dan berharap dapat menjadikan lingkungan lebih lestari.

Kontak Risaikel

Ada banyak media sosial di mana Anda dapat berbicara dengan tim Risaikel dan bekerja sama atau mengajukan pertanyaan kepada mereka.

  • Instagram: https://www.instagram.com/risaikel_23
  • Twitter/X: https://twitter.com/risaikel
  • LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/risaikel/
  • Email: risaikel.2023@gmail.com
  • Phone Number: +62 815 4325 2814
  • Lainnya ada di https://risaikel.com/contact

LihatTutupKomentar