Mengenal Asosiasi Coworking Space Indonesia

asosiasi coworking space


Coworking Space Indonesia - Di Indonesia, sudah ada lebih dari ratusan coworking space. Ini menandakan pertumbuhan ekosistem startup di sini. Tempat-tempat ini bukan hanya untuk pekerja lepas. Mereka juga membantu startup dan UMKM menjadi lebih produktif. Asosiasi Coworking Indonesia adalah organisasi yang membantu komunitas coworking space di sini.


Asosiasi ini berdiri tahun 2017. Mereka ingin menjadi tempat para pemilik dan pengelola coworking space bisa bertukar info dan ide. Alat ini juga menggerakkan ekonomi kreatif melalui dukungan pada coworking.


Apa itu Coworking Space?

Coworking space adalah konsep ruang kerja bersama. Di sini, orang dari berbagai latar belakang bekerja dalam satu ruang. Konsep ini mengutamakan nilai komunitas, kolaborasi, dan pembelajaran. Ada banyak jenis ruangan yang bisa digunakan untuk beraktivitas.


Definisi Coworking Space

Istilah "Coworking Space" mengacu pada area terbuka untuk bekerja secara bersamaan. Para pekerja menjadikan laptop/netbook sebagai alat utama kerja. Hal ini menekankan pentingnya fleksibilitas dan mobilitas saat bekerja.


ilustrasi coworking space
image: ilustrasi coworking space


Jenis-jenis Ruangan di Coworking Space

Ada beberapa ruangan di coworking space, misalnya:

  • Public Space: Ruang besar untuk bekerja bersama.
  • Private Space/Office: Untuk digunakan secara privat oleh perusahaan.
  • Event Space/Workshop Space: Ruangan besar untuk acara atau workshop.


Di samping itu, coworking space menawarkan fasilitas seperti dapur, pantry, dan perpustakaan. Ada juga ruangan khusus seperti silent room untuk berkonsentrasi dan ruang istirahat.


Coworking space membantu meningkatkan produktivitas. Mereka menyediakan fasilitas yang mendukung, bersama dengan lingkungan yang kondusif. Kolaborasi antar-bidang mengurangi kelelahan yang umum di tempat kerja tradisional.


Sejarah dan Perkembangan Coworking Indonesia

Coworking space pertama kali muncul di dunia pada tahun 2002 di Wina, Austria dengan nama Schraubenfabrik Coworking Space. Di Indonesia, coworking space pertama kali hadir di Bandung sekitar tahun 2010 lewat Hackerspace. Ini membuka jalan bagi pengembangan coworking space di kota-kota besar Indonesia, terutama Jakarta, pusat bisnis dan ibukota negara.


Menurut data, pada tahun 2018, sudah ada sekitar 220 coworking space di 44 kota di Indonesia. Termasuk kota-kota kecil seperti Kediri, Demak, dan Madiun. Asosiasi coworking space juga tumbuh pesat, naik tiga kali lipat dari 2016 hingga 2017, dari 60 unit menjadi 180 unit.


80% dari semua coworking space di Indonesia bisa ditemui di Pulau Jawa, khususnya di Jakarta. Hubud (Hub in Ubud) di Bali adalah salah satu yang paling sukses, didirikan oleh 3 ekspatriat. Sementara itu, Comma, coworking space pertama di Jakarta, harus tutup tahun 2016.


Industri coworking space di Indonesia bertumbuh pesat dalam tiga tahun terakhir. Ini menandakan bahwa banyak orang melihat ruang kerja bersama sebagai alternatif yang efisien. Industri ini buka banyak peluang bisnis baru dan mempererat jaringan eksekutif profesional.


Di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya, konsep coworking space telah mengakar sejak 2010. Konferensi Coworking Indonesia pertama kali diadakan di Bali pada bulan Februari 2016. Ini menjadi awal komunitas coworking space di Indonesia.


Secara keseluruhan, coworking space telah menjadi tren penting di Indonesia. Data menunjukkan industri ini terus berkembang, memberi manfaat luas bagi masyarakat Indonesia.


ilustrasi coworking
image: ilustrasi coworking


Manfaat Bekerja di Coworking Space

Bekerja di coworking space bisa memberikan banyak keuntungan. Anda bisa membangun manfaat coworking space dan kolaborasi dengan orang baru. Bersama orang dari latar belakang yang berbeda, Anda bisa mendapatkan peluang luar biasa untuk bermitra atau berkolaborasi. Di sini, sering diadakan acara pencitraan bisnis, diskusi, dan pelatihan. Ini kesempatan bagus untuk bertemu investor atau mitra potensial.


Membangun Relasi dan Kolaborasi

Di coworking space, Anda bisa mengembangkan jaringan dan membuka peluang bisnis. Berkomunikasi dengan orang dari bidang yang beragam bisa membuat Anda tahu banyak hal baru. Ini membantu Anda menemukan orang yang tepat untuk kerja sama proyek bisnis.


Lebih Produktif dan Kreatif

Coworking space juga bisa meningkatkan produktivitas di coworking space dan kreativitas di coworking space. Lingkungannya yang kolaboratif membuat Anda fokus dan inovatif. Fasilitas modern dan teknologi dapat membuat pekerjaan lebih efisien.


Peluang untuk berkolaborasi dan dukungan dari lingkungan kerja sangat bermanfaat. Coworking space adalah tempat yang baik untuk meningkatkan manfaat coworking space Anda. Ini berpengaruh baik untuk yang ingin mengembangkan relasi, berkolaborasi, dan meningkatkan produktivitas serta kreativitas.


Biaya di coworking space juga lebih terjangkau dibanding kantor pribadi, khususnya untuk bisnis kecil dan startup. Ada fasilitas seperti internet cepat, ruang rapat, dan bantuan admin. Semua ini untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda.


Jadi, jika membutuhkan lingkungan kerja yang mendukung manfaat coworking space, pilih coworking space. Di sana, Anda bisa membangun relasi, berkolaborasi, dan meningkatkan produktivitas serta kreativitas.


Kesimpulan

Coworking space telah menjadi pilihan utama banyak orang. Mereka mencari tempat yang fleksibel, kolaboratif, dan inovatif. Banyak startup dan freelancer di Indonesia membutuhkan ruang kerja fleksibel dan terjangkau. Ini membuat permintaan untuk coworking space semakin bertambah.


Di Indonesia, Jakarta memimpin sebagai kota dengan coworking space terbanyak. Namun, peluang besar ada di kota-kota lain seperti Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Coworking space bisa fokus pada industri tertentu, seperti industri kreatif, teknologi, atau keuangan.


Asosiasi Coworking Indonesia hadir untuk mendukung perkembangan coworking space. Mereka membantu anggotanya untuk berbagi ide, berkolaborasi, dan membangun ekosistem ekonomi kreatif. Di Jakarta sendiri, jumlah co-working space tumbuh 400 persen dari 2016 hingga 2018 (Luaciana, 2018).


Dari studi, 90 persen responden setuju bahwa mereka bisa bekerja di coworking space. Sebanyak 80 persen sudah pernah berkunjung ke co-working space. Dan, 67 persen merasa familier dengan konsep co-working space (IdCloudHost, 2020).


Coworking space menawarkan manfaat besar untuk individu dan perusahaan. Mereka adalah pilihan kerja masa depan yang menarik. Akan tetapi, pertumbuhan coworking space di Indonesia masih lambat dibandingkan Amerika Serikat. Faktor-faktor seperti perizinan, zonasi, dan perpajakan adalah hal penting bagi penyedia coworking space di Indonesia.


Link Sumber

LihatTutupKomentar